Kamis, 11 Desember 2008

Pernyataan Sikap ALIANSI PERJUANGAN untuk BURUH RIAU

Pernyataan Sikap ALIANSI PERJUANGAN BURUH RIAU

 

Industri berbasis hutan dan lahan adalah salah satu sumber penting aktivitas ekonomi di Indonesia yang memberikan sumbangan terhadap pendapatan, dimana berbagai kebijakan memberikan ruang untuk keberlanjutan usaha dengan meminimalisir dampak ekologi dan social yang mungkin terjadi.

 

Sisi lain harus diakui bahwa industry perkayuan memberikan peluang tenaga kerja yang  cukup besar, tetapi sebaliknya jika indutri perkayuan tidak melakukan perencanaan matang terhadap keberlanjutan usaha maka PHK akan menimbulkan gejolak social yang juga cukup besar.

 

Perlu ada langkah kongkrit pemerintah untuk melakukan upaya-upaya penangganan dengan tetap berjalan sesuai koridor hokum yang berlaku di Indonesia.

 

Kami Aliansi Perjuangan Buruh Riau (APBR) mendukung pernyataan sikap dari Aliansi Serikat Pekerja/ Serikat Buruh Riau Komplek yang menolak PHK missal dan perlu percepatan proses hokum kasus-kasus kejahatan hutan yang terjadi. Dari ke-7 pernyataan sikap yang disampaikan oleh Serikat Pekerja/ Serikat Buruh Riau Komplek, maka kami memberikan pernyataan sebagai berikut:

 

  1. Menolak PHK Massal yang mengakibatkan gejolak social dan merusak sendi-sendi ekonomi dengan memberikan jaminan serta perlindungan kepada pekerja dari ancaman PHK
  2. Pemerintah harus mengambil alih PT RAPP sehingga permasalahan tenaga kerja dan kepailitan dapat teratasi.
  3. Pemerintah harus melakukan identifikasi dan verifikasi perizinan agar ada kepastian terhadap lahan dan juga kepastian hukum
  4. Pemerintah harus melakukan audit tenaga kerja asing, local dan termasuk bahan baku
  5. Mempercepat proses hokum terhadap perizinan industry perkayuaan sehingga sampai pada kejelasan status hukum

 

Kepada kaum buruh sekalian, kami menyerukan agar mengobarkan semangat perlawanan terhadap penjajah-neoliberalisme! Bersama-sama membangun serikat buruh progressif yang mempunyai garis demarkasi jelas antara penghisap dan kaum terhisap. Ayo berjuang untuk kesejahteraan kita! KAUM BURUH SE-DUNIA, BERSATULAH!

 

HIDUP PERSATUAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH-NEOLIBERAL!

Pekanbaru, 11 Desember 2008

 

Koordinator Umum,

 

 

 

Rinaldi, S.Sos

Sekretaris Umum,

 

 

 

Bambang Aswandy, SE

0 komentar:

About This Blog

  © Blogger template ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP